Cara Kerja Dari Transmisi Otomatis

Sudahkah anda tahu tentang fungsi transmisi mobil matic? jika anda belum mengetahuinya yuk simak bersama kami Galeri Toyota Jogja terkait dengan transmirsi matic.

Pada umumnya fungsi dari transmisi mobil matic atau transmis otomatis dalam memindahkan gigi kendaraan disaat sedang berjalan secara otomatis dengan menyesuaikannya terhadapa beban mesin dan kecepatan kendaraan.

Fungsi Dari Dua  Jenis Transmisi Otomatis

Nah gungsi dari transmisi otomatis juga dapat dibedakan dari jenisnya. Transmisi otomatis dengan jenis full hidrolik memiliki fungsi untuk mengatur waktu perpindaahan gigi dan lock up sepenuhnya secara hidrolis. Sedangkan untuk fungsi transmisi dengan jenis Powertrain Control Module (CPM) memiliki fungsi untuk mengatur perpindahan gigi dan lockup secara elektronik.

Selain memakai data berupa shift dan lock pattern terhadap PCM sebagai control. Jenis transmisi otomatis juga memiliki fungsi sebagai diagnose dan fail-safe. Meski fungsi dari transmisi otomatis dari dua jenis transmisi tersebut memiliki fungsi yang sama dalam menjalankan system secara otomatis. Tetapi keduanya dibedakan dalam kinerja karena salah satu jenis transmisi menggunakan tenaga hidrolik sementara jenis yang satunya menggunakan elektronik.

Cara Kerja Transmisi Otomatis

Cara kerja dari transmisi otomatis dimulai dari Torque Converter yang memiliki fungsi sebagai kopling mekanik sehingga melalui komponen ini torsi yang di transfer dengan mekanisme pompa. Baling baling yang pertama dalam torque converter memiliki funtgsi sebagai pompa yang mana dikopel langsung dengan memakai mesin. Terus bagian kedua mengkopel langsung pada turbin menggunakan planetary gear dan yang terakhir memiliki fungsi sebagai stator dalam mengembangkan system 2 baling-baling menjadi 3 baling baling.

Pada saat kinerja transmisi otomatis berjalan, baling-baling yang sudah tercouple terhadap mesin yang berputar untuk memompa oli transmisi didalam ruangan tertutup. Kemudian tekanan dari oli dipakai untuk mendorong turbin. Sistem tersebut dapat menghasilkan peningkatan torsi terhadap turbin pada saat RPM mesin meningkat.

Fungsi Planetary Gear

Planetary Gear memiliki fungsi yang hampir mirip dengan gigi-gigi rasio pada transmisi manual dimana untuk merubah rasio putaran turbin terhadap roda, segingga memiliki kemiripan dengantuas persneling yang dipakai dalam menjalankan mobil. Perbedaan terletak pada desain fisik dikarenakan pada planetary gear tidak ditemukan pada dua barisan roda gigi yang sudah dihubungkan dengan rasio yang berbeda. Namun pada kerja transmisi otomatis planetary gear hanya memiliki sebuah roda gigi yang sekeklingnya terdapat banyak roda gigi yang kecil dan pada bagian ruman planetary yang terdapat pada gigi bagian dalamnya. Sedangkan dalam merubah rasio secara hidrolik merupakan kerja dari Valve Body.

Nah itulah gambaran dari bagaimana cara kerja transmisi otomatis yang sudah banyak digunakan terhadap mobil yang ada saat ini. Jenis transmisi otomatis biasanya didesain dengan komponen yang khusus dengan fungsi seperti torque conventer dan planetary gear.

Sementara itu tentang transmisi otomatis dari Dealer Toyota Jogja, jika anda membutuhkan mobil Toyota jogja anda dapat mengubungi kami di Galeritoyotajogja.com kami menawaarkan banyak varian mobil Toyota terbaru. Anda dapat memesan dan berkonsultasi dengan kami terkait dengan mobil Toyota idaman anda.

Leave a Reply

Chat Kami