Doa Sebelum Berkendara dan Berpergian

Berdoa sebelum melakukan sebuah perjalanan merupakan salah satu ritual bagi sebagian besar masayarakat, karena dengan berdoa akan membawa kita menjadi percaya bahwa setiap perjalanan akan menjadi terasa aman dan nyaman. Doa merupakan sebuah permohonan yang dilakukan oleh seorang hamba kepada tuhannya. Sebuah doa sudah pasti di ajarkan kepada kita sejak kita kecil.

Semua agama yang ada didunia memiliki masing masing kepercayaan dalam berdoa. Dalam mengajarkannya biasanya anak-anak akan disuruh untuk hafalan serta mempraktekannya pada saat sebelum melakukan berpergian, misalnya pergi sekolah atau bermain. Doa ini sendiri mengajarkan para anak-anak untuk selalu mengingat sang pencipta dari hal sekecil apapun. Karena pada dasarnya semua yang terjadi di dunia ini atas kehendak-Nya.

Dalam mengajarkan Doa sendiri pada dasarnya anak-anak terus diingatkan bahwa saat bepergian yang menentukan akan sampai tujuan atau tidak bergantung Allah SWT. Dengan doa ini juga anak-anak yang diajarkan untuk selalu mengharapkan kebaikan, kenyamanan, keaamanan dan keselamatan saat bepergian. Karena dalam Al-Qur’an, Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ

Artinya:”Dan Tuhanmu berfirman: ‘Berdoalah kalian kepada-Ku, niscaya akan Kukabulkan bagi kalian’.” (QS Ghafir: 60).

Doa sendiri memiliki banyak keutamaan dan manfaat. Keutamaan tersebut di antaranya adalah seperti Hadits yang telah diriwayatkan Ahmad.

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَدْعُو بِدَعْوَةٍ لَيْسَ فِيهَا إِثْمٌ وَلَا قَطِيعَةُ رَحِمٍ إِلَّا أَعْطَاهُ اللَّهُ بِهَا إِحْدَى ثَلَاثٍ : إِمَّا أَنْ يُعَجِّلَ لَهُ دَعْوَتَهُ وَإِمَّا أَنْ يَدَّخِرَهَا لَهُ فِي الْآخِرَةِ وَإِمَّا أَنْ يَصْرِفَ عَنْهُ مِنْ السُّوءِ مِثْلَهَا

Artinya:”Tidak ada seorang Muslim yang berdoa dengan tidak disertai dengan doa dan memutus hubungan persaudaraan kecuali Allah pasti akan memberikannya salah satu dari tiga hal. Bisa disegerakan doanya untuk dikabulkan, mungkin juga Allah menyimpannya sehingga dibalas di akhirat kelak. Dan kemungkinan pula Allah akan menghindarkan dia dari kejadian buruk yang menjadi ganti setara dari doa kebaikan yang ia panjatkan.” (HR. Ahmad).

Bacaan Arab Doa Bepergian dengan Kendaraan

روينا في صحيحي البخاري ومسلم عن جرير بن عبد الله البجلي رضي الله عنه قال: شكوت إلى النبي (صلى الله عليه وسلم) أني لا أثبت على الخيل، فضرب بيده في صدري وقال: اللهم ثبته واجعله هاديا مهديا

Arti Doa Bepergian dengan Kendaraan

Artinya: “Kami diriwayatkan di dalam hadits shahih Bukhari dan Muslim dari Jarir bin Abdullah RA, ia berkata, Aku mengadu kepada Nabi SAW bahwa aku tidak mantap dalam mengendarai kuda. Rasulullah SAW lalu menepuk tangannya ke dadaku. Ia berdoa, Tuhanku, tetapkanlah (hati)-nya dan jadikan ia pemberi petunjuk dan tetap berada dalam petunjuk”, (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 275).

Nah, ternyata dari sisi psikis sendiri, Anda dapat melakukan berdoa sebelum bepergian. Cukup banyak manfaat yang  akan didapat, terutama adalah membuat kita menjadi pribadi yang senantiasa berfikir positif dan lebih tenang.

  1. Mencegah dan mengatasi stres

Sebuah studi yang dilakukan para ahli kejiwaan banyak yang menyebutkan bahwa berdoa bermanfaat mencegah dan mengatasi stres. Kekuatan doa bahkan bisa membuat seseorang terhindar dari resiko depresi dan beberapa masalah psikis lainnya. Kekuatan doa bisa membuat seseorang jadi makin tenang, tak mudah putus asa, dan berpikir positif.

  1. Berdoa bikin bahagia

Selain mencegah dan mengatasi stres, berdoa juga bermanfaat bikin perasaan lebih bahagia. Para ilmuwan yang mempublikasikan temuannya di JAMA Networks Journal mengemukakan orang yang gemar menghadiri ibadah keagamaan dan memiliki bekal agama yang kuat atau religius lebih bahagia dibanding orang-orang lainnya.

Tak hanya dirinya yang bahagia, keluarganya juga bahagia, sejahtera dan lebih sabar.

  1. Panjang Umur

Sebuah studi yang dilakukan para ilmuwan di Harvard School of Public Health menyebutkan bahwa orang-orang yang religius dan gemar berdoa sesuai kepercayaan masing-masing umumnya memiliki umur yang panjang.

Mereka yang beribadah dengan tulus, sungguh-sungguh dan mengharap ridha Tuhan, umumnya akan hidup lebih sehat, tenang dan bahagia.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Orang-orang yang rajin berdoa meyakini bisa memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat. Pikiran yang senantiasa positif, hati yang tenang dan bahagia adalah salah satu alasan kenapa orang-orang yang rajin berdoa dapat memiliki sistem kekebalan tubuh yang cukup kuat.

Orang-orang yang gemar berdoa, sabar serta ikhlas juga bisa terhindar dari risiko jantung dan tekanan darah tinggi.

Itulah manfaat berdoa bagi kesehatan jiwa raga. Semoga informasi ini bermanfaat dan kita semua selalu menjadi pribadi yang gemar berdoa, memasrahkan segalanya pada-Nya, sabar dan bahagia serta lapang dada.

Nah itu adalah artikel doa dari Toyota Jogja untuk anda jika anda berpergian menggunakan kendaraan. Semoga perjalanan anda nyaman dan aman. Kami dari Galeri Dealer Toyota Jogja mengucapkan terimakasih karena sudah berkunjung ke laman resmi kami.

Leave a Reply

Chat Kami