Macam & Jenis Oli Mobil

Macam & Jenis Oli Mobil
  • mobil

Jenis oli mobil yang paling umum dikenal oleh pemilik mobil umumnya hanya 2. Oli adalah komponen pendukung yang dibutuhkan kendaraan, termasuk mobil. Oli adalah pelumas penting untuk mesin mobil yang dapat mencegah kerusakan yang disebabkan oleh gesekan antara komponen logam di dalam mobil. Bagi Anda, pemilik mobil tentu memahami pentingnya oli untuk mobil.

oli mobil toyota jogja

Ada beberapa jenis oli mobil yang memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang oli mobil, berikut adalah beberapa penjelasan yang dapat membantu Anda memahami tentang oli mobil.

Kenali fungsi oli

Banyak orang menganggap bahwa fungsi oli di dalam mobil hanya sebagai pelumas mesin. Tetapi ternyata oli memiliki aplikasi lain yang tidak kalah pentingnya, seperti cairan pendingin mesin, melindungi mesin dari risiko karat dan pembersihan serta menutup jarak di dinding mesin. Sebagai pelumas, oli akan menyebabkan komponen gesekan mesin mobil Anda bergerak dengan lancar, sehingga memungkinkannya beroperasi pada suhu yang ideal. Penggunaan minyak lainnya adalah dapat memindahkan panas engine yang mencapai suhu 1000-1600 derajat Celcius ke mesin pendingin lainnya.

mobil toyota jogja

Konten aditif yang terkandung dalam oli membentuk lapisan film pada dinding silinder yang berfungsi untuk melindungi mesin ketika dinyalakan sambil menghindari risiko karat bahkan jika mobil tidak digunakan untuk waktu yang lama. Selain itu, konten aditif dapat melarutkan hasil pembakaran yang tersisa, sehingga dapat terbuang sia-sia saat melakukan penggantian oli. Ada tiga jenis oli yang bisa digunakan pada mobil Anda. Berikut adalah beberapa penjelasan bersama dengan fungsi masing-masing minyak:

1. Oli mesin

Jenis oli mobil pertama adalah oli mesin. Oli mesin adalah jenis pelumas yang digunakan untuk melumasi bagian-bagian mesin mobil. Fungsi utama itu sendiri adalah untuk mengurangi gesekan antara komponen mesin mobil, residu logam murni yang disebabkan oleh gesekan antara satu komponen dengan komponen lainnya. Selain itu, fungsi oli mesin itu sendiri dapat mendinginkan suhu mesin mobil Anda.

Bahan dasar oli mesin terdiri dari oli mineral, semi-sintetik dan sepenuhnya sintetis. Berapa lama untuk mengganti oli mesin di mobil? Anda dapat menggantinya sesuai dengan cara mobil digunakan. Jika Anda sering menggunakannya di jalan yang macet atau ekstrem, lebih baik mengganti oli mesin pada jarak 5.000 km.

Jika mobil hanya digunakan di jalan yang terang dan datar, oli mesin Anda dapat bertahan hingga 10.000 kilometer.

2. Oli transmisi

Adalah jenis oli yang digunakan dalam sistem transmisi. Utilitas oli transmisi itu sendiri dapat memfasilitasi perubahan pada roda gigi mobil dan merawat komponen transmisi untuk menghindari risiko aus. Seperti oli mesin, oli transmisi membutuhkan perubahan berkala, tetapi dengan waktu yang sedikit lebih lama. Oli transmisi dapat digunakan pada mobil manual atau otomatis, hanya saja ada beberapa kegunaan yang berbeda. Pada mesin mobil manual, oli hanya bertindak sebagai pelumas yang tugasnya adalah mempercepat komponen pada mesin saja. Sementara mesin dengan oli gearbox otomatis tidak hanya bertindak sebagai pelumas, tetapi dapat memberikan mekanisme penggantian gir otomatis. Baca juga: perawatan mobil otomatis.

Mengenai harga, oli transmisi dari Rp. 50.000 – Rp. 80.000 untuk mobil manual, sementara Rp. 100.000 – Rp. 200.000 untuk oli transmisi otomatis. Proses penggantian oli transmisi dapat dilakukan di bengkel mobil terdekat. Beberapa mobil tidak memasok galur oli, yang digunakan untuk mengontrol dan mengisi kembali transmisi. Jenis mesin transmisi ini disebut manipulasi atap atau jenis mesin yang dilindungi terhadap bahaya perubahan yang dilakukan oleh perusahaan manufaktur. Jadi itu hanya bisa menggantikan pabrikan mobil itu ketika rencana servis mobil Anda.

3. minyak poros

Oli poros berfungsi sebagai pelumas yang menghubungkan transmisi ke poros untuk menghasilkan kinerja mesin yang mulus. Jika Anda mendengar bunyi dengung di mobil Anda, ini mungkin mengindikasikan bahwa oli poros mulai turun dan menjadi lebih tipis. Posisi oli gandar berada di bagian bawah mobil. Seperti oli lain yang membutuhkan penggantian, oli poros biasanya membutuhkan perubahan 10-20 ribu kilometer atau sekitar. 2-3 kali ganti oli mesin.

Sedangkan untuk masalah harga, oli poros hanya antara Rp. 50.000 – Rp 100.000 tergantung jenis merek. Yang perlu Anda perhatikan ketika memilih oli gandar adalah bahwa ketebalan oli gandar harus sesuai dengan apa yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil.

Dealer Toyota Jogja

Sudahkah anda tahu dimana dealer toyota jogja yang satu ini ? Dealer Nasmoco Toyota Jogja berada di Jalan Ring-Road Selatan, Bantul, DI Yogyakarta 55183. Mudah bukan untuk mengunjunginya? Lokasi yang strategis dan mudah dijangkau. Nah untuk anda yang tidak ingin repot repot datang ke dealer anda juga bisa melakukan pemesanan melalui website kami di galeritoyotajogja.com jadi tunggu apa lagi segera pilih mobilmu di website kami.

Banyak Pilihan Mobil

Banyak pilihan mobil toyota yang disediakan oleh Nasmoco Toyota Jogja, ada 20 type mobil yang disediakan, anda dapat memilih mobil toyota sesua dengan spesifikasi keinginan anda dan anda juga dapat melakukan kredit mobil Toyota disini.

Segera Hubungi Nasmoco Jogja

Tunggu apa lagi segera hubungi kami di galeritoyotajogja.com dan jadikan kami sebagai rujukan utama dalam membeli mobil toyota jogja pilihan anda. Kami juga melayani konsultasi terkait dengan mobil toyota yang akan anda pilih.